APBD Jatim Cukup Kuat Jika Hanya untuk Menggratiskan Seragam Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Polemik mahalnya jual beli seragam sekolah untuk siswa SMA Negeri sederajat di Jawa Timur nampaknya akan berbuah manis. Wali siswa tentu akan senang mendengar kabar yang mengenakkan ini.

DPRD Jatim Berikan Rekomendasi terhadap Dua IKU Jatim yang Tak Capai Target

Bukan hanya seragam yang murah, lebih dari itu, seragam sekolah bisa saja digratiskan untuk tahun ajaran baru kedepannya. 

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paweai mengatakan, sangat mungkin seragam sekolah untuk siswa digratiskan sesuai dengan harapan Anggota Komisi E DPRD Jatim. Tapi yang perlu diingat jika kekuatan APBD Jatim dapat mencukupi. 

DPRD Jatim Soroti Zonasi PPDB, Minta Pemerintah Kembangkan Sekolah Swasta

“Dengan tentunya melihat fiskal pemerintah provinsi Jawa Timur, kalau fiskalnya mencukupi untuk membantu siswa Jawa Timur, kenapa tidak?,” kata Aries seusai dengar pendapat bersama anggota Komisi E DPRD Jatim, Senin 31 Agustus 2023 kemarin. 

Poin-poin dengar pendapat yang terjadi antara pihaknya bersama Komisi E DPRD Jatim tersebut menjadi catatannya dan akan dibawa ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk kembali dirapatkan, termasuk persoalan bagaimana jika seragam sekolah digratiskan saja? 

Kompak! Pemprov dan 38 kabupaten-kota Se Jatim Raih WTP 2 Tahun Berturut-turut

“Kita sangat apresiasi usulan dari teman-teman komisi E karena menginisiasi di tahun 2024 untuk semua sekolah SMA.SMK, SLB diberikan seragam gratis,” tuturnya. 

Pertanyaannya, apakah fiskal Jatim akan mampu memberikan seragam gratis untuk siswa SMA Negeri sederajat? Anggota Komisi E DPRD Jatim Mathur Khusairi berpendapat sangat mampu bila Gubernur mengambil kebijakan menyediakan seragam gratis dibiayai APBD. 

Halaman Selanjutnya
img_title