Festival Bantengan dan Tarian Kolosal Warnai Pembukaan Majafest 2023 di Mojokerto

Pembukaan Majafest 2023 di Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –  Even Majafest 2023 resmi dimulai. Even tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto ini digelar selama 3 hari berturut-turut, mulai 3-5 Agustus 2023 di Lapangan Kawiryan, Desa Pacing, Kacamatan Bangsal.

Survei KPK, Skor Integritas 2023 Pemkab Mojokerto Naik di Atas Nasional

Pantauan Viva Jatim di lokasi, Majafest 2023 dibuka secara langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. Acara pembukaan diawali dengan pengibaran bendera merah putih massal menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Selanjutnya Bupati Ikfina memotong tumpeng dan menabuh gong untuk menandai dimulainya festival Majapahit ini.

Kasus DBD Melonjak, Forkopimda Mojokerto Fogging Serentak di 18 Kecamatan

Setelah itu, para tamu undangan dan pengujung yang hadir dihibur dengan pertujukkan ragam kesenian budaya, yaitu Festival bantengan, tarian kolosal, barongsai, dan reog.

Festival bantengan diikuti 1000 bantengan berwarna hitam dengan diringi tarian kolosal ini. Tarian tersebut menceritkan sosok Ratu Majapahit, Tribhuwana Tunggadewi yang menyatukan nusantara.

Tak Jadi ke Ikfina, Golkar Alihkan Dukungan ke Gus Barra di Pilbub Mojokerto

Tribhuwana merupakan putri pendiri Majapahit, Raden Wijaya. Ia memimpin Kerajaan Majapahit tahun 1328-1350 masehi. Di masa kepemimpinannya, Sang Ratu Majapahit ini tak segan menjadi panglima perang didampingi Mahapatih Gajah Mada menumpas berbagai pemberontakan.

Kemudian, disusul dengan pertunjukan barongsai, reog dan ujung. Kolaborasi beragam kesenian itu menjadi wujud Harmoni Nusantara yang menjadi tema Majafest 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title