Kloter Terakhir Debarkasi Surabaya Tiba, Disambut Gubernur Khofifah

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Debarkasi Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim - Puncak berakhirnya pemulangan jemaah haji Debarkasi Surabaya ditandai dengan  kedatangan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Jumat, 04 Agustus 2023. 

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Di kesempatan itu, Khofifah berpesan kepada jemaah untuk mendoakan agar Jawa Timur penuh barokah, aman, tentram, bahagia dan sejahtera. Tak hanya itu, Khofifah berkesempatan memotong tumpeng dan membagikan bendera bendera merah putih kepada seluruh jemaah haji.

Untuk diketahui, untuk tahun ini Embarkasi Surabaya memulangkan jemaah sebanyak 38.163 orang yang terdiri dari 37.728 jemaah dan 43 petugas, tergabung dalam 88 kloter telah berada di tanah air. 

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Dari total keberangkatan terdapat selisih 197 orang dari total keberangkatan. Hal ini dikarenakan terdapat jemaah wafat sebanyak 165 orang, masih dirawat di Arab Saudi sebanyak 24 orang dan pulang secara mandiri secara reguler 8 orang.

Hingga kedatangan kloter 88, terdapat 24 orang yang masih tertinggal di Arab Saudi karena menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi. Jemaah yang sakit di Arab Saudi seluruhnya ditanggung oleh pemerintah dan terus dimonitoring kesehatannya oleh petugas dari Kantor Urusan Haji (KUH) dan Konsulat Jenderal Indonesia yang ada di Jeddah. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Perkembangan kesehatan juga akan dilaporkan secara periodik kepada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam pemulangan haji tahun ini menggunakan dua maskapai yaitu Saudi Arabian Airlines yang mengangkut jemaah sebanyak 36.768 orang dan Garuda Indonesia sebanyak 1.395 orang.

Rata-rata usia jemaah wafat tertinggi yaitu rentang usia 61-75 tahun sebanyak 82 orang, usia lebih dari 75 tahun sebanyak 60 orang, usia 51-60 tahun sebanyak 24 orang dan usia 41-50 tahun sebanyak 5 orang.

Halaman Selanjutnya
img_title