Semangat Juang Pendiri NU Jadi Tauladan bagi Kader PKS Jatim

PKS Jatim ziarah ke makam sesepuh NU
Sumber :
  • Thoriq/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Sosok Syaikhona Cholil Bangkalan, KH Hasyim Asyari, serta KH Wahab Hasbullah, menjadi contoh tauladan bagi kader PKS Jawa Timur. Himbauan tersebut ketika jajaran kader PKS Jatim hendak melakukan ziarah dan tahlil ke makam Pahlawan Nasional dan Sesepuh Nahdlatul Ulama bersama belasan kiai dan habaib, Selasa 8 Agustus 2023. 

Derai Hujan Tak Surutkan Ratusan Warga Trenggalek Nyekar Bareng Jelang Ramadan

Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengatakan ziarah ini menjadi sangat istimewa, karena dilakukan bersama para kiai dan habaib NU. Ia pun meminta kader PKS meniru sikap gigih pejuang ulama merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Istimewa, ini pertama kali kami ziarah ditemani para kiai dan habaib, in syaa Allah membawa keberkahan," harap Irwan. 

Tradisi Nyekar Jelang Ramadan, Makam di Surabaya Penuh Peziarah

Menurutnya, KH Hasyim Asyari punya peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad yang dikeluarkan menjadi pengobar semangat para santri dan pejuang kala itu. 

"Sebagaimana yang telah kita ketahui, KH Hasyim Asyari dengan resolusi jihadnya membakar semangat para pejuang Indonesia termasuk Bung Tomo. Mudah-mudahan kita bisa mewarisi semangat para ulama dan pejuang itu. Untuk itulah, kita dulu juga memperjuangkan adanya diorama resolusi jihad di museum 10 November," tegasnya. 

Pandangan Islam soal Tradisi Tabur Bunga saat Ziarah ke Makam Leluhur

Ia bercerita, sebelumnya, tidak ada diorama yang menceritakan tentang proses resolusi jihad KH Hasyim Asyari. Kemudian Hidayat Nur Wahid yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, bersama angggota legeslatif PKS di DPRD Jatim dan Surabaya mengusulkan dan mengawal hingga saat ini diorama resolusi jihad bisa disaksikan semua masyarakat. 

"Agar kita semua bisa meneladani. Termasuk dengan kegiatan Ziarah ke makam pahlawan dan pendiri NU saat ini. Matur nuwun Gus Aam yang sudah menginisiasi kegiatan ini. Termasuk Ziarah ke makam KH. Wahab Hasbullah yang menjadi pendiri dan penggerak NU," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title