Masa Khidmat PWNU Jatim segera Habis, PBNU: Karateker atau Perpanjangan

Kantor PWNU Jawa Timur di Surabaya
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga kini belum mengeluarkan persetujuan jadwal pelaksanaan konferensi wilayah (konferwil) yang diajukan PWNU Jawa Timur sejak empat bulan lalu. Padahal, masa khidmat PWNU Jatim akan habis pada 3 September 20023 mendatang.

Momen Bersejarah, Pesantren Pertama NU Diresmikan di Jepang oleh Dubes RI

Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Faisal Saimima mengatakan, PBNU baru akan mengeluarkan izin pelaksanaan Konferwsil setelah proses verifikasi faktual rampung. "PWNU Jatim belum selesai [melakukan verifikasi faktual]," kata Faisal kepada VIVA Jatim, Senin, 14 Agustus 2023.

Verifikasi faktual dilakukan diantaranya guna menentukan apakah PWNU masuk klasifikasi A atau B. Bila masuk klasifikasi A, maka peserta konferwil yang punya hak suara adalah PC dan MWC. Jika klasifikasi B, maka peserta konferwil NU hanya PC.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Ia menegaskan, kebijakan itu dikeluarkan untuk seluruh PWNU, bukan hanya untuk Jatim. Dan saat ini proses verifikasi baru diterapkan ke PWNU klasifikasi A. 

"PBNU mengeluarkan surat edaran terkait verifikasi dan faktualisasi terhadap struktur organisasi, dalam hal ini yang kami lakukan untuk pimpinan wilayah dalam klasifikasi A," jelas Faisal.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Bila hingga masa khidmat PWNU Jatim habis sementara verifikasi dan faktualisasi belum selesai, maka, kata Faisal, opsinya ada dua. "Karateker atau perpanjangan masa khidmat," tegasnya.