BMKG Nyatakan Lokasi Asal Suara Aneh di Sumenep Aman Ditempati

Tangkapan layar video warga berkumpul di sekitar lokasi kejadian
Sumber :
  • Tangkapan layar video

Sumenep, VIVA Jatim –Observasi suara aneh di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, oleh tim dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pasuruan, telah selesai. Hasilnya, lokasi tersebut aman ditempati.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Hal ini sesuai dengan isi rekomendasi yang dilaporkan tim peneliti kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi, seperti yang disampaikan Suwarto, koordinator tim, kepada Viva Jatim pada Rabu 16 Agustus 2023.

Suwarto mengatakan, tujuan penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi dampak yang mungkin ditimbulkan setelah kemunculan suara aneh tersebut.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

"Kami memberikan rekomendasi dari hasil observasi kami, itukan kalau melihat data-data seismik. Lokasi itu mempunyai geologi yang kuat, rigid, yang Karst. Hingga aman dari segi resiko itu yang kita rekomendasikan," papar Suwarto.

Dengan rekomendasi ini, warga yang sempat mengungsi paska kemunculan suara aneh, akhirnya bisa kembali pulang. Garis polisi juga sudah dilepas.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Selain itu, BMKG Pasuruan juga memberi kesimpulan awal bahwa di bawah permukaan tanah, dimana suara aneh itu muncul, kemungkinan terdapat rongga. Rongga tersebut diduga beraliran air yang membawa runtuhan material sehingga menimbulkan suara menyerupai hantaman.

Kemungkinan lain juga disampaikan Suwarto, musim kemarau menyebabkan rongga di bawah permukaan tanah terjadi pelapukan.

Halaman Selanjutnya
img_title