HUT RI ke-78, Puluhan Komunitas dan Lembaga di Kediri Deklarasi Sikap Kebangsaan

Puluhan Komunitas dan Lembaga di Kediri Deklarasi Sikap Kebangsaan
Sumber :
  • Hafidh/Viva Jatim

Kediri, VIVA Jatim-Sejumlah tiga puluh perwakilan lembaga dan komunitas di Kediri mendeklarasikan sikap “Kembali ke Jatidiri Bangsa Indonesia Manunggalya Keimanan dan Kemanusiaan, Manunggalya Kesadaran Berbangsa dan Kesadaran Bernegara” di rumah masa kecil Presiden Soekarno Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Sabtu 19 Agustus 2023.  

Pemkab Kediri Pantau Arus Mudik Gunakan ATCS dan Puluhan CCTV

Jajaran pemerintah Kabupaten Kediri, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Kediri, para veteran, generasi muda, anak-anak sekolah dan masyarakat turut menjadi saksi deklarasi ini.

“Deklarasi ini untuk menguatkan keyakinan agar kita terus berpegang teguh pada jati diri bangsa yaitu manungalnya keimanan dan kemanusiaan, manunggalya kesadaran berbangsa dan kesadaran bernegara,” ujar Juwaini perwakilan yang ditunjuk membacakan teks deklarasi. 

Bupati Kediri: Bandara Dhoho Beroperasi 5 April 2024 Bagi Perjalanan Mudik

Menurutnya, sebagai bangsa dan negara yang berpancasila keimanan dan kemanusiaan ini harus terus dikukuhkan. Kesadaran berbangsa dan kesadaran bernegara harus terus ditumbuhkan agar bangsa dan negara kuat dalam menghadapi segala tantangan zaman.

“Jati diri bangsa Indonesia ini adalah pondasi dan kunci untuk menghadapi era globalisasi, digitalisasi, modernisasi dan era apapun. Agar anak-anak bangsa Indonesia tetap maju, kreatif, modern tetapi tetap berkarakter Indonesia. Untuk itulah jatidiri bangsa ini perlu kita deklarasikan sebagai ungkap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa agar jatidiri bangsa ini terus kuat dan lestari," tambahnya.

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

“Hadir menjadi saksi pada mendeklarasikan Kembali Ke Jatidiri Bangsa Indonesia Manungalnya Keimanan dan Kemanusiaan, Manunggalya Kesadaran Berbangsa dan Kesadaran Bernegara ada staf Ahli Bupati Kediri yang hadir mewakili Bupati Mas Bup, Ketua DPRD, Bekesbangpol dan para veteran Kebupaten Kediri,” aku Lukti Sudiarto Sekretaris panitia.