Luar Biasa, Jembatan Baru Alun-alun Bandar Kediri Diklaim Bisa Bertahan 1 Abad

Jembatan Bandar Alun-alun tampak dari atas.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Kediri, VIVA JatimJembatan yang menghubungkan Kota Kediri sisi timur dengan sisi barat dekat Alun-alun akhirnya diresmikan dan dapat digunakan pengguna jalan. Jembatan Bandar Alun-alun ini diklaim bisa bertahan hingga 1 abad lamanya.

Kemenag Ungkap 1.200 Pesantren di Jawa Timur Belum Kantongi Izin Operasional

"Alhamdulillah akhirnya Jembatan Alun-Alun Bandar bisa dibuka kembali setelah dilakukan perbaikan dan pelebaran. Jembatan ini jauh lebih kuat dari sebelumnya dan bisa digunakan untuk 100 tahun ke depan," ungkap Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dikutip VIVA Jatim, Minggu, 20 Agustus 2023.

Pasca diresmikan, meski saat launching masih terdapat pemasangan expansion joint atau sambungan yang terdapat pada badan jembatan. Hal itu dilakukan agar sambungan jembatan dapat mengering dengan sempurna.

Santri Asal Banyuwangi Tewas Dianiaya di Pondok Pesantren, Polisi Tetapkan 4 Tersangka

"Setelah semua kering kendaraan roda 6 seperti bus truk baru boleh melintas," ujarnya.

Mas Abu, sapaan akrabnya mencoba melintas, memestikan jembatan aman untuk dilalui. Ia mengakui saat pertama melintasi jembatan yang ada plat besi supaya harap pelan-pelan. Alasan plat besi untuk memastikan sambungannya kering total. 

Dukung Pemilu Jujur, Warkop di Kediri Beri Diskon 20 Persen bagi KPPS

Pemkot Kediri juga mengucapkan terima kasih untuk Dinas PUPR, PT Bukaka, Dishub, Polresta Kediri, dan seluruh pihak yang telah membantu hingga jembatan ini selesai dan bisa dilewati.

Wali Kota Kediri berharap setelah pembangunan ini masyarakat akan semakin nyaman melewati Jembatan Alun-alun Bandar. Termasuk lalu lintas orang akan jauh lebih cepat. Karena tidak terjadi bottle neck maupun kemacetan tidak parah seperti saat ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title