Dua Pencuri Gasak Kotak Amal Masjid di Mojokerto, Bawa Hasil Jarahan Naik Mobil

Rekaman CCTV Masjid Al Mubarok Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimPencurian kotak amal tejadi di Masjid Masjid Al Mubarok, Dusun Unggahan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto pada Senin, 21 Agustus 2023 pukul 02.16 WIB. Aksi pelaku terekam CCTV saat masuk ke dalam masjid dan langsung mengangkat kotak amal tersebut.

Modus Maling Motor di Mojokerto yang Tertangkap Warga saat Dikejar Polisi, Nyamar Ojek Online

Dalam rekaman CCTV berdurasi 3 menit 10 detik yang diterima Viva Jatim, pelaku ada dua orang pria dengan membawa mobil Toyota Avanza warna silver tanpa plat nomor. 

Keduanya mengenakan masker. Satu orang memakai jaket hodie warna putih bergaris hitam. Sedangkan satu lagi memakai kos hitam bertuliskan SNP (Saudara New Palapa) dan bertopi. 

Pemkab Kediri Pantau Arus Mudik Gunakan ATCS dan Puluhan CCTV

"Di CCTV pelaku datang dari arah utara naik mobil agak ngebut, terus masuk halaman masjid," kata Pengurus takmir Masjid Al Mubarok, Yusuf Mubarok kepada wartawan, Rabu, 23 Agustus 2023. 

Turun dari mobil, pria berkaos hitam itu langsung menuju teras masjid memantau situasi. Ia juga mengecek kondisi kotak amal. Setelah situasi dinyatakan aman, ia memberitahu temannya  dan menidurkan jok mobil

Pria di Mojokerto Ini Diamankan Polisi setelah Kedapatan Curi Gearbox

Kemudian, keduanya menggasak kotak amal berwarna hijau itu secara bersamaan. Selanjutnya, dua kotak amal itu dimasukkan ke dalm mobil. Lalu mereka pergi meninggal masjid. 

Aksi pelaku tergolong nekat karena lokasi masjid berada di dekat perkampung.  Yusuf menjelaskan, di pagi harinya kotak amal yang dicuri itu ditemukan di semak-semak area Balong Bunder (kolam bulat) depan musem Majapahit atau Pusat Informasi Majapahit (PIM). Saat ditemukan oleh penjual buah, kondisi kotak amal kayu sudah rusak. 

Halaman Selanjutnya
img_title