Cara Disbudpar Jatim Maksimalkan Potensi Wisata Lewat Teknologi dan Medsos

Workshop Pemahaman Indikator dan Pengisian Data Kepariwisataan
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Batu, VIVA Jatim –Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur menggelar Workshop Pemahaman Indikator dan Pengisian Data Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif sebagaimana keterangan tertulis diterima VIVA Jatim pada Rabu, 30 Agustus 2023 di Royal Orchids Garden Hotel Kota Batu.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Puluhan peserta berasal dari Dinas kabupaten/kota yang membidangi pariwisata se-Jawa Timur, koordinator surveyor Sisparnas Jawa Timur dan surveyor Sisparnas Jawa Timur.

Paparan pertama menyampaikan tentang Indikator dan Mekanisme Pengisian dan Pembaharuan Data Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif ke dalam Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional yang disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Haryono.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Sementara paparan kedua disampaikan materi terkait Teknik Pengumpulan Data oleh praktisi bidang statistika, Badan Pusat Statistik Jawa Timur Umar Sjaifudin.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, Edy Supadji mewakili Kadisbudpar Jatim Hudiyono menyampaikan soal sistem informasi kepariwisataan nasional (sisparnas).

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

“Itu merupakan pusat data dan informasi kepariwisataan nasional yang berupa sumber data yang diinput secara mandiri oleh pengelola destinasi, industri pariwisata, dinas pariwisata provinsi, serta kabupaten/kota dimana proses data dikembangkan dengan prinsip sentralisasi data,” tuturnya.

Eddy menambahkan, data yang di input terdiri dari data terkait gambaran umum pariwisata daerah, kebencanaan, isu yang berkembang, aksesibilitas, amenitas, serta atraksi yang dapat menciptakan kesamaan dan kesatuan data dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Halaman Selanjutnya
img_title