Pesan Kiai Marzuki ke PSHT di Trenggalek: Asah Kemampuan Wawasan Bhineka Tunggal Ika

Kiai Marzuki memberikan nasehat pendekar di Trenggalek.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA JatimTasyakuran warga baru PSHT Ranting Munjungan Cabang Trenggalek dibalut dengan mengundang Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. Kiai Marzuki memberikan beberapa pesan, mulai dari terus mengasah kemampuan hingga para pendekar harus memiliki wawasan 'Bhineka Tunggal Ika'.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Meningkatkan kemampuan jurus plus mempunyai wawasan kebangsaan Bhineka Tunggal Ika berbeda tetap bersatu itu penting," ungkap Kiai Marzuki, Minggu, 3 September 2023.

Menurut Kiai Marzuki, mengapa kok par pendekar harus terus mengasah kemampuan jurus silat penting sekali. Lantaran, ketika suatu saat ada rekrutmen dari kepolisian maupun dari TNI, pendekar bisa mengikuti seleksi.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Sebab TNI/Polri ketika memiliki anggota baru yang kebetulan kemampuan silat bagus itu senang. Menurut Kiai Marzuki, ada kalanya perang harus terjun di wilayah yang di situ tidak boleh membunyikan senjata karena. Sebab ketika membunyikan senjata malah ketahuan, seperti menggunakan taktik gerilya.

"Makanya dimaksimalkan adalah kemampuan silat jurusnya jos. Punya kesadaran bela negara jurusnya baik punya kesadaran menggunakan jurus yang baik untuk memukul musuh bela negara," bebernya. 

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Kiai Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Kota Malang ini menambahkan, kenapa kok beliau meminta terus berlatih. Siapa tahu ketika nanti IPSI memiliki hajat kejuaraan pencak silat, pendekar asal Munjungan Trenggalek bisa menorehkan hasil.

Termasuk juga ada perwakilan dari Pagar Nusa, perwakilan dari Tapak Suci yang juara. Ketika juara level Jawa Timur lalu lomba silat tingkat nasional, berhubung terus berlatih mengasah mengadu tukar pengalaman dengan perguruan lain. Akhirnya kontingen bisa meraih bisa juara nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title