Perwakilan Myanmar tidak Hadir di KTT, Moeldoko: Bukan Berarti Ada Konflik

Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43 telah secara resmi dibuka hari ini, 5 September 2023, oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Acara tersebut akan digelar di Jakarta selama 3 hari.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Para pemimpin ASEAN telah berdatangan sejak pukul 09.35 WIB, mereka juga telah melaksanakan Plenary Session, di Jakarta Convention Center (JCC). Namun di antara para delegasi, perwakilan dari Myanmar nampak tidak menghadiri acara tersebut.

Terkait hal itu, Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko menyebut bahwa ketidakhadiran Myanmar tentu saja memiliki alasan.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

"Nanti dari bu Menlu berikan penjelasan yang lebih konkret. Pasti ada alasannya," kata Moeldoko pada wartawan. 

Dia juga menambahkan bahwa meski Myanmar absen dalam pertemuan, hal tersebut tidak akan menghalangi jalannya KTT ASEAN.  

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

"Enggak. Tetap berjalan. Seperti disampaikan Bapak Presiden, seberapa besar ASEAN ini bukan berarti itu bagian dari perpecahan. Perbedaan justru wajar dalam area demokrasi. Ini diharapkan ASEAN tetap bertumbuh sebagaimana mestinya," sambungnya. 

Sebagai informasi, 22 negara dan 9 organisasi dijadwalkan menghadiri pertemuan blok itu di Jakarta. Dari jumlah tersebut, Timor Leste merupakan bagian yang menghadiri KTT ASEAN. 

Halaman Selanjutnya
img_title