Gubernur Khofifah Resmikan Jembatan Mujur II Keloposawit Lumajang, Diharapkan Warga Ikut Merawat

Gubernur khofifah dan Bupati Lumajang
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Lumajang, VIVA Jatim-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan  Jembatan Mujur II yang berlokasi Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Rabu 20 September 2023. 

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Jembatan Mujur II yang menghubungkan Desa Kloposawit dan Desa Tumpeng ini sempat putus akibat diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru pada 7 Juli 2023 lalu. 

Peresmian jembatan Mujur II tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Khofifah didampingi antara lain Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kadis PU Bina Marga Prov. Jatim, Kalaksa BPBPD Jatim, Camat Candipuro, dan perangkat desa setempat.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Usai meresmikan, Gubernur Khofifah  juga meninjau langsung konstruksi jembatan Mujur II sekaligus menyapa masyarakat yang hadir. Gubernur Khofifah mengatakan, semangat masyarakat saat menghadapi bencana merupakan sesuatu yang mengagumkan. Kareanya, Pemprov Jatim  gerak cepat melakukan asesmen dan perbaikan. Sehingga, jembatan ini berhasil dibangun ulang dalam waktu dua bulan saja.

"Alhamdulillah penyelesaian jembatan ini bisa rampung dalam waktu dua bulan. Semoga koneksitas ekonomi, pendidikan dan  sosial kembali putih," terangnya. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Gubernur Khofifah menjelaskan, Jembatan Mujur II Kloposawit ini dibangun dengan alokasi anggaran sebesar Rp 11 miliar. Menggunakan konstruksi bailey atau rangka baja, jembatan ini memiliki panjang 39 meter dan lebar 5,1 meter. Dan umur jembatan ini perkirakan bisa mencapai 50 tahun. 

Selain itu jembatan ini juga akan mampu menahan daya beban lalu lintas mencapai 40 ton. Akan tetapi, ia mengingatkan untuk memaksimalkan daya guna jembatan dalam waktu lama, dibutuhkan pemeliharaan berkala. 

Halaman Selanjutnya
img_title