3 Permintaan Gubernur Khofifah kepada Kabupaten atau Kota di Jatim Hadapi El Nino dan Banjir

Gubernur Khofifah di Apel Kesiapsiagaan
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Malang, VIVA Jatim - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memimpin Apel Kesiapsiagaan menghadapi Dampak El Nino dan Banjir di Bendungan Selorejo, Kecamatan Ngantang, Malang, Rabu 27 September.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Apel ini diikuti berbagai unsur OPD Pemprov Jatim, Polres Batu, Korem 083/Baladhika Jaya, Perum Jasa Tirta I, BBWS Brantas, BBWS Bengawan Solo, BBPJN Jatim-Bali, dan Basarnas. 

Dalam arahannya, Gubernur Khofifah meminta semua pihak termasuk para Bupati/Walikota di Jawa Timur menyiapkan langkah program mitigasi, preventif dan quick response atau respon cepat. Utamanya dalam menghadapi El Nino sekaligus potensi banjir karena berdasarkan BMKG pada minggu kedua atau ketiga November sudah mulai terjadi hujan dengan intensitas cukup.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

"Apel kesiapsiagaan ini kita gelar dalam rangka menghadapi El Nino sekaligus potensi banjir. Kita harus terus meningkatkan kehati-hatian dan mitigasi  harus dilakukan lebih komprehensif," tegasnya.

Lebih lanjut, Khofifah katakan, langkah-langkah mitigasi dan preventif tersebut salah satunya yaitu dengan mengecek kondisi Dam di masing-masing wilayah. Ini penting karena beberapa kasus banjir yang terjadi di Jawa Timur disebabkan adanya tumpukan sampah di beberapa Dam. Sehingga ketika ada arus air besar maka air tidak bisa mengalir dengan baik.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

"Maka yang harus dilakukan adalah gotong royong, kerja bakti, sinergi  dan antisipasi bersama," imbuhnya.

Khofifah juga meminta dilakukan pengecekan pada Rumah Pompa yang fungsinya sangat signifikan dalam pengaturan air. Bahkan, ia sudah beberapa kali mengecek langsung kondisi Rumah Pompa baik yang dalam koordinasi Pemprov maupun Pemkab/Kota.

Halaman Selanjutnya
img_title