KemenPUPR Tinjau Proyek SPAM Umbulan Gresik, Desember Air Umbulan Mengaliri Rumah Warga

KemenPUPR tinjau proyek SPAM
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Diana Kusumastuti meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Tradisi Malem Selawe: Acara Rutin Peninggalan Sunan Giri untuk Mendapat Berkah Lailatul Qadar

Progres hingga bulan September ini sudah mencapai 77,670 persen dengan target penyelesaian pada akhir Bulan Desember 2023 air dari sumber mata air Umbulan, Pasuruan sudah bisa mengalir ke rumah warga.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik, Ida Lailatussa'diyah menemui dan melakukan presentasi proyek pemasangan pipa HDPE diameter 630 mm metode HDD crossing jalan tol Surabaya - Gresik overpass Suci, Manyar ke rombongan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Kata Bupati Gresik Alasan Penyematan Nama Masjid KH. Robbach Ma'sum di Komplek Islamic Center

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti mengatakan, dengan adanya pemasangan pipa ini, air Umbulan yang memiliki debit air 4.000 liter per detik bisa menambah sambungan rumah di Gresik. Diharapkan bisa menambah 14.500 sambungan rumah, dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Bulan Oktober pemasangan pipa telah selesai, akan dilakukan flushing kemudian tes comisioning dan uji alir. Paling lambat sampai bulan Desember. Setelah selesai semuanya, air bisa mengalir ke sambungan rumah.

Ratusan Calon Pemudik Daftar Mudik Gratis Pemkab Gresik

"Oktober Insya Allah selesai, mudah-mudahan Desember air sudah bisa ngalir ke masyarakat," ujarnya, Jumat, 29 September 2023.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya selalu memberikan perhatian kepada Pemkab Gresik dan masyarakat Gresik. Pria yang akrab disapa Gus Yani menyampaikan ototmatis dengan adanya utilitas baru ini, terus akan menambah daya serapan sambungan pipa Perumda Giri Tirta.

Halaman Selanjutnya
img_title