Rayakan HUT Ke-78 TNI, Korem 084/BJ Surabaya Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

Komandan Korem (Danrem) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Komando Resor Militer 084/Bhaskara Jaya (Korem 084/BJ) menggelar pertunjukan wayang kulit, Jumat 6 Oktober 2023. 

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Pertunjukan itu digelar untuk memperingati hari ulang tahun ke 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Komandan Korem (Danrem) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama mengatakan, kesenian asli Nusantara itu digelar serentak di 78 titik seluruh Indonesia maupun mancanegara. 

Sidang Sengketa Pilpres 2024 Digelar Hari Ini, 7 Ribu Lebih Aparat Amankan Pembacaan Putusan MK

Sedangkan di Jawa Timur, ada sembilan kabupaten/kota yang menggelar wayang kulit. Diantaranya, Kota Surabaya, Mojokerto, Kediri, Tulungagung, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek dan Blitar.

Adapun alasan pihaknya memilih pagelaran wayang kulit sebagai tontonan yang digelar untuk memperingati HUT TNI tahun 2023, karena Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sangat mencintai kesenian tersebut.

27 Prajurit TNI Dapat Penghargaan Usai Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza

"Harus kita lestarikan. Karena orang asing juga banyak yang bisa melakukan (bermain wayang kulit), budaya kita dipakai di sana. Kalau kita tidak melestarikan jangan sampai budaya ini keluar kita yang susah," ujar Danrem 084/BJ di hadapan awak media.

Pagelaran wayang kulit dibawakan oleh Dalang Ki Tantut Susanto, dengan lakon Bima Krida. Danrem menyebut, lakon yang dipentaskan ini sarat dengan pesan moral dan ajaran kehidupan.

Halaman Selanjutnya
img_title