Cita-cita Satu Desa Satu Pojok Baca dari TP PKK Trenggalek

Ketua TP PKK Trenggalek, Novita Hardini
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini berupaya menggelorakan kebangkitan perempuan. Salah satunya dengan bercita-cita mewujudkan minimal satu desa ada satu pojok baca.

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Hal itu disampaikan saat menghadiri Pentas Seni dan Gebyar UMKM Desa Sengon, Kecamatan Bendungan yang juga di Desa Wisata Gua Biru. Impian tersebut menurutnya sudah ia katakan sedari 2020 kepada Dinas Pendidikan untuk bisa merealisasikan.

"Saya memiliki impian paling tidak akhir tahun 2024 semua desa sudah memiliki pojok baca," ungkap Novita Hardini diterima VIVA Jatim, Senin, 9 Oktober 2023.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Bagi Novita literasi melalui buku merupakan jendela dunia. Mungkin bagi perempuan-perempuan yang belum punya akses untuk sekolah karena masalah keuangan dan sebagainya, mereka bisa membaca dari buku.

"Ini privilege yang sangat luar biasa dan menurut saya harus diberikan kepada masyarakat kita," terangnya.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Perempuan alumnus Magister UIN Tulungagung ini menilai peningkatan kapasitas perempuan bisa menjadi mitra yang selaras dimulai dari lingkup keluarga. Pasalnya, posisi perempuan yang telah menjadi ibu perlu ilmu pengetahuan. Supaya bisa menjadi ibu dan madrasah pertama untuk anaknya.

Tak hanya itu, ibu sebagai mitra yang baik dalam mendukung karier suami. Termasuk bisa meningkatkan peran dirinya sebagai masyarakat Indonesia yang tidak hanya berjuang di lingkup keluarga saja. Melainkan perduli atas perjuangan di lingkungan sekitar.

Halaman Selanjutnya
img_title