Pabrik Es Balok di Mojokerto Ketiban Berkah Cuaca Panas, Pesanan Alami Lonjakan

Pabrik Es Balok di Mojokerto
Sumber :
  • Lutfi/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JATIMCuaca panas belakangan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha es balok di Mojokerto. Pesanan es balok mengalami lonjakan

Simak Panduan BPOM soal Minum Es Teh Manis saat Cuaca Terik

Lonjakan pesanan dialami oleh Pabrik Balok yang berlokasi di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Mojokerto. Pabrik ini memproduksi es batu balok untuk kebutuhan para nelayan dan penjula ikan di pasar. 

Es balok biasanya digunakan untuk mengawetkan hasil tangkapan ikan nelayan. Bagi pedagang yang tidak memiliki alat pendingin seperti  kulkas biasanya menggunakan box khusus untuk bisa mengawetkan  ikan. cuaca panas ekstrem menyebabkan seperti saat ini banyak pedagang harus berkali-kali membeli es balok karena cepat mencair.

Penjual Es Legen Raup Berkah Cuan saat Cuaca Panas Landa Surabaya

Kepala Produksi Pabrik Es Balok tersebut, Ligo Santoso mentakan, Di hari-hari biasanya pedagang es balok hanya mampu menjual 800 hingga 1100 batang es balok dalam sehari. Namun saat ini es balok mampu terjual hingga 1300 batang setiap harinya. Ia menegaskan, peningkatan pesanan es balok ini karena faktor cuaca panas yang melanda. 

"Peningkatan sekitar 20-25 persen per hari sementara ini. Kalau musim dingin atau hujan hanya 800 sampai paling mentok 1100 es balok terjual setiap haru. Kalau sekarang bisa 1300. 

Minum Air Dingin di Musim Panas Sebabkan Batuk, Benarkah Demikian?

Ribuan batang es balok itu dikirim ke para agen di dua daerah, Sidoarjo dan Pasuruan. Nantinya, para agen itulah yang akan mendistribusikan es balok ke nelayan dan pedagan ikan di pasar. 

Pabrik ini berdiri sejak tahun 1980-an. Es balok ini sejatinya bukanlah es untuk konsumsi karena prosesnya yang tidak sesuai standar kebersihan untuk produk makanan dan minuman. Es balok ini ditujukan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan para nelayan.

Halaman Selanjutnya
img_title