Soal Konflik Palestina dan Israel, Yenny Wahid: akan Berlangsung Lama

Yenny Wahid di acara Barekade Gus Dur di Kabupaten Jombang.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKonflik berkepanjangan Palestina dan Israel menyita perhatian dunia. Bahkan, perang yang baru saja terjadi diprediksi bakal berlangsung lama. Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Wahid Institute, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Untuk itu, Yenny pun meminta pemerintah Indonesia segera melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) di Gaza akibat adanya perang Palestina dan Israel.

"Pemerintah Indonesia harus segera evakuasi WNI di Gaza dengan segala cara. Harus utamakan keselamatan WNI disana, karena diprediksi perang kali ini akan berlangsung lama," katanya dikutip dari VIVA , Kamis, 12 Oktober 2023.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Ia juga meminta pemerintah agar mendorong ada jalur aman agar bisa dilakukan evakuasi terhadap warga Palestina dan warga lainnya yang terjebak di Gaza. "Dua juta penduduk Gaza saat ini terancam kelaparan dan penyakit, karena semua jalur masuk dan keluar diblokade oleh Israel," katanya.

Ia berharap pemerintah mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa logistik makanan, minuman dan obatan-obatan kepada warga sipil yang telah menjadi korban di Palestina.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

"Konflik dan perang antara Palestina dan Israel harus segera diakhiri. Pemerintah Indonesia harus segera mendorong perdamaian antara kedua negara di Dewan Keamanan PBB," harap putri mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Ia juga mendorong pemerintah agar menyerukan pentingnya perdamaian dengan konsep "solusi dua negara" yang berdaulat dan merdeka. Hal ini dilakukan agar korban kemanusiaan tidak terus bertambah akibat konflik yang berkepanjangan.

Halaman Selanjutnya
img_title