Apel Hari Santri Nasional 2023, Presiden Jokowi: Santri Penentu Masa Depan Bangsa

Presiden Joko Widodo tiba lokasi Hari Santri Nasional di Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Presiden Joko Widodo hadir menjadi pembina pada Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya. Presiden Jokowi mengapresiasi kiprah santri sejak zaman perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Santri pilar kekuatan bangsa, pondasi kekokohan bangsa, sudah terbukti sejak zaman perjuangan," tegas Presiden Jokowi di hadapan sekitar puluhan ribu santri yang memadati lapangan Tugu Pahlawan Surabaya dan ruas-ruas jalan di sekitarnya, Minggu, 22 Oktober 2023.

Menurut Presiden Jokowi, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, ada 36 ribu pesantren di Indonesia. Hal itu menjadi sebuah kekuatan besar.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

"Jumlah pesantren yang sangat banyak menjadi kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa, dan penentu keberhasilan mencapai cita-cita," pekik Presiden Jokowi.

Jokowi lalu mengenang awal penetapan Hari Santri. Dikisahkan Presiden Jokowi, hal itu bermula dari kunjungannya ke salah satu pesantren di Malang, Jawa Timur sebelum menjabat sebagai Kepala Negara. Saat itu, ada usulan dari para kiai dan santri untuk memutuskan adanya Hari Santri.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Saat itu saya belum Presiden. Setelah terpilih jadi Presiden, permohonan yang saya ingat dari pesantren di Malang, kita kaji dan tindaklanjuti. Lalu kita putuskan adanya Hari Santri lewat Keputusan Presiden No 22 tahun 2015. Sejak itu kita punya Hari Santri," ujarnya.

Presiden Joko Widodo didampingi Iriana dan Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • Humas Pemprov Jatim
Halaman Selanjutnya
img_title