Banggar DPRD Jatim Cek R-APBD 2024, Sebut Layak Dibahas ke Tahapan Selanjutnya

Sidang paripurna di Gedung DPRD Jatim
Sumber :
  • Thoriq/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jawa Timur telah menyelesaikan tahap awal pembahasan terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun 2024.

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Dengan demikian, R-APBD Jatim 2024 layak untuk dilanjutkan pembahasannya ke tahapan selanjutnya. Meski demikian, Banggar DPRD Jatim juga memberikan sejumlah saran, harapan, dan masukan yang diharapkan diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Jatim, Yordan M. Batara Goa menyebut, bahwa yang pertama adalah terkait dengan pertumbuhan ekonomi yang telah pulih sejak tahun 2022 menjadi perhatian utama.

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

"Dengan capaian pertumbuhan sebesar 5,34 persen hingga Kwartal-II Tahun 2023, pendapatan daerah diharapkan bisa mencapai target yang lebih tinggi, minimal sebanding dengan tahun sebelumnya," kata Yordan dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Jatim, Sabtu 21 Oktober 2023.

Selanjutnya, Yordan menyatakan bahwa Banggar menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan anggaran selama 12 bulan untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan urusan pemerintahan wajib.

Jaga Lingkungan Sehat, Bapemperda Jatim Inisiasi Raperda Kawasan Tanpa Rokok

"Hal ini berlaku untuk pelayanan dasar maupun non-pelayanan dasar, termasuk kebutuhan anggaran pelaksanaan kegiatan DPRD selama 12 bulan," tegasnya.

Di samping itu, kata Yordan, Banggar juga mengingatkan pada ketentuan dalam UUD NRI 1945, UU Kesehatan, dan UU Hak Kesehatan Perorangan yang menetapkan porsi belanja untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan belanja pegawai.

Halaman Selanjutnya
img_title