Flyover A Yani Dibangun 2024, Solusi Atasi Kemacetan Surabaya Selatan

Siteplan underpass Jalan Ahmad Yani Surabaya nampak dari atas.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang menuntaskan kajian pembangunan flyover atau underpass di Taman Pelangi Jalan Ahmad Yani.

Sudah Disiapkan Rp81 M, Pembebasan Lahan Warga Taman Pelangi Belum Beres

Rencananya, jalan penghubung untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Surabaya Selatan ini dibangun pada tahun 2024.

Gagasan membangun flyover atau underpass di Taman Pelangi, Jalan Ahmad Yani Surabaya, sebenarnya sudah mengemuka sejak tahun 2016. Waktu itu, pembangunan rencananya dilakukan tahun 2017. Tapi apa sebabnya, rencana itu tak kunjung terealisasi.

PCX Tabrak Pembatas Jalan di Surabaya, Remaja Asal Pogot Tewas

Dan saat ini, wacana tersebut kembali dimatangkan lantaran kemacetan arus lalu lintas di Taman Pelangi semakin parah, terutama saat jam berangkat maupun pulang kantor.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pemerintah saat ini masih menganalisa apakah kawasan itu lebih cocok dibangun flyover atau underpass.

Dukung Pelaksanaan Pemilu, Dinkes Surabaya Siapkan Nakes dan Hotline 24 Jam

"Kedua-duanya memungkinkan, tapi saya berharapnya adalah underpass sehingga wajah kota tidak tertutup. Karena di sana ada taman, pandangannya terbuka. Kalau overpass kan jadi tertutup," katanya, Rabu 25 Oktober 2023.

Saat ini dia katakan, tim masih menghitung biaya pembangunan yang dibutuhkan antara flyover atau underpass. Nantinya, proyek dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPUR). Sedangkan, biaya untuk pembangunannya akan dibebankan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Halaman Selanjutnya
img_title