Partai Gerindra Jadi Parpol Pilihan Pemilih Muda di Jatim pada Pemilu 2024

Hasil survei PUSAD UM Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Partai Gerindra diprediksi menjadi partai politik pilihan pemilih muda di Jawa Timur saat Pemilihan Umum 2024 nanti. Perkiraan ini berdasarkan hasil survei Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi Universitas Muhammadiyah Surabaya (PUSAD UM Surabaya).

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Perlu diketahui, demografi pemilih di Jawa Timur pada Pemilihan Umum 2024 didominasi oleh kalangan muda berusia 17 hingga 40 tahun. Dari total 31,4 juta pemilih 51 persen diantaranya berasal dari generasi z dan kaum milenial.

Oleh sebab itu, suara pemilih muda dalam Pemilihan Umum 2024 menjadi faktor penting penentu kemenangan partai politik.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Untuk mencari tahu kemana arah dukungan pemilih muda di Jawa Timur saat Pemilihan Umum 2024 nanti. PUSAD UM Surabaya menggelar riset dan survei kepada 1075 responden.

Survei dilakukan dengan metode telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator. Teknik pengambilan sampel memakai multistage random sampling, tersebar merata semua kecamatan di 38 kabupaten maupun kota di Jawa Timur.

Maju Pilwali Surabaya 2024, Kader Gerindra Hadi Dediansyah Janji Bikin Perubahan

Margin of error survei ini sebesar 3 persen dengan tingkat kesalahan hanya 5 persen. Penelitian berlangsung dari tanggal 14 hingga 22 Oktober 2023.

"Riset ini mengulas terkait persepsi pemilih muda di Jawa Timur terkait dinamika politik. Kecenderungan pemilih muda terhadap partai politik menjelang Pemilu 2024," ujar Satria Unggul Wicaksana P Direktur PUSAD UM Surabaya, Jumat 27 Oktober 2023 kemarin.

Halaman Selanjutnya
img_title