Vinda, Doktoral Muda ITS Asal Trenggalek Sempat Magang di Laboratorium Jepang

Vinda Zakiyatuz Zulfa, Doktoral di Bidang Fisika ITS asal Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Sederhana namun menyimpan ilmu memdalam tampak dari salah satu perempuan asal Trenggalek ini. Adalah Vinda Zakiyatuz Zulfa yang beberapa waktu lalu sukses menyelesaikan Studi Doktoral Bidang Fisika  di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Vinda memperoleh Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) yang mengharuskan jumlah publikasi karya ilmiah internasional sebanyak dua. Saat S3, ia mulai memikirkan untuk menyelesaikan publikasi kedua sebelum bulan Juni. 

Sehingga pada saat itu saya mendaftar Magang di Laboratorium Shibaura Institute of Technology (SIT) Jepang selama satu bulan. Pasalnya, ia mengambil hanya satu bulan, karena tidak ingin kuliahnya molor kedua kalim

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Alhamdulillah saya diterima dan pertama kali menginjakkan kaki saya di luar negeri. Hal yang saya impikan sejak S1," beber Vinda kepada VIVA Jatim, Senin, 30 Oktober 2023.

Pada tahun 2018,  Vinda melanjutkan studi pascasarjana di Departemen Fisika Fakultas Sains dan Analitika Data atau FSAD ITS Surabaya melalui beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor Unggul (PMDSU batch IV). Ini adalah beasiswa program percepatan Pendidikan magister dan doktor dengan masa pendidikan 4 tahun.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Perempuan kelahiran Trenggalek pada Juli 1995 ini mengaku sebenarnya juga tidak pernah kepikiran untuk masuk Jurusan Fisika. Lantaran, banyak orang berpikir ilmu yang susah dan belum jelas kerja usai lulus.

Ia bersama 4.010 wisudawan ITS dalam gelaran wisuda ke-128 kampus di Graha ITS  Surabaya ini mengakui dirinya memang tipe orang yang lebih suka belajar itung-itungan dari pada menghafal. Tapi waktu SMP, pelajaran yang sangat saya sukai yaitu matematika dan kesenian.

Seiring berjalannya waktu, Vinda suka sekali dengan pelajaran Fisika, yang saat itu Guru Fisika SMA, Mukhlis dengan yang cara mengajarnya sangat mudah dipahami. Membuat ia semenjak kelas X SMA, nilai Fisika dan Matematika selalu bagus.

Halaman Selanjutnya
img_title