131 Pesonel Gabungan Diterjunkan Atasi Kebakaran Gunung Penanggungan

Penampakan kebakaran Gunung Penanggungan
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimKebakaran melanda Gunung Penanggungan di Mojokerto sejak Kamis, 2 November 2023 siang. Hingga malam, api di titik lokasi kejadian masih menyala dan terus meluas.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Ratusan personel gabungan dari unsur Perhutani, SAR Penanggungan, LBPI-NU, LMDH Seloliman, TNI, PolrI, komunitas Masyarakat Peduli Api (MPA), BPBD Kabupaten Mojokerto dan warga setempat diterjunkan untuk memadamkan api. Total petugas yanh dikerahkan sebanyak 131 orang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim mengatakan, area yang terbakar masuk wilayah administratif Desa Tamiajeng dan bukit Sarang Kelapa Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Mojokerto.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

"Yang terbakar Iialang dan semak belukar. Luas area yang terdampak belum diketahui," katanya kepada VIVA JATIM, Kamis, 2 November 2023.

Personel gabungan disebar ke 3 titik untuk memadamkan api yang masih membara. Proses pemadaman api dilakukan dengan alat manual yakni teknik gebyok.

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

"Dari jalur Tamiajeng 34 personel, Kunjorowesi 43 personel, Kedungudi 54 personel .Saat ini Gunung penanggungan Sudah Padam dan Api Menjalar Ke Gunung Sarang kelapa dan Puncak Bayangan ( anak Gunung Penanggungan ) yang saat ini masih proses Pemadaman," pungkas Khakim.