Kebakaran Gunung Penanggungan Mojokerto Hanguskan Puluhan Hektare Lahan

Petugas saat membantu proses pemadaman api
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimKebakaran yang dahsyat yang terjadi di Gunung Penanggungan Mojokerto dilaporkan sebagian berhasil dikendalikan. Peristiwa ini menghanguskan puluhan hektare lahan dan hutan.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Abdul Khakim, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, mengatakan bahwa belum diketahui pasti total luasan lahan yang terbakar. Namun, laporan dari Perhutani pada Kamis, 2 Oktober 2023 pukul 21.00 WIB menyebutkan bahwa luasan lahan yang terbakar mencapai 45 hektar.

"Data tersebut belum termasuk tambahan semalam dan hari ini. Diperkirakan mencapai 53 hektare, tapi masih perkiraan," katanya kepada VIVA Jatim, Jumat, 3 Oktober 2023 pagi.

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Api membakar di area Blok Petak 1 di wilayah Kecamatan Ngoro serta Puncak Bayangan Penanggungan di wilayah Desa Tamiajeng dan Bukit Sarang Kelapa di wilayah Kedungudi, Kecamatan Trawas.

Khakim menyatakan bahwa api di area lahan Sarang Kelapa dan Blok Petak 1 Ngoro telah padam sejak pukul 03.00 WIB. Kendati demikian, tim masih melakukan penyisiran di lokasi tersebut. 

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Kebakaran Gunung Penanggungan Mojokerto

Photo :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Sementara itu, di Puncak Bayangan saat ini api belum dapat dipadamkan dan masih terlihat kepulan asap. "Kendala pemadaman karena medannya sulit untuk dilalui, mengingat medannya terjal dan anginnya kencang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title