Menko PMK Muhadjir Effendy Tegaskan Perintah Jokowi Agar Tidak Ragu Dukung Kemerdekaan Palestina

Aksi 115 Bela Palestina
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan secara terang-terangan perintah Presiden Joko Widodo untuk tidak ragu-ragu dalam mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Hal tersebut dikatakan saat menghadiri Aksi Bela Palestina yang digelar di kawasan Monas, Jakarta, pada Minggu pagi, 5 November 2023.

Salah satu wujudnya, kata Muhadjir, Jokowi memerintahkan tiga menteri termasuk dirinya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Kehadiran ketiga menteri utama tersebut, menurutnya, bukan sekadar partisipasi terhadap aksi solidaritas, tetapi lebih dari itu ialah simbol dukungan utuh dan penuh bangsa dan negara Indonesia terhadap Palestina.

"Kami ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo, tiga menteri--Menko PMK, Menteri Agama, Menteri Luar Negeri--untuk hadiri di sini. Tidak main-main. Itu artinya apa? Kita tidak boleh ragu. Kita dukung kemerdekaan Palestina sampai benar-benar merdeka," kata Muhadjir.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Dia juga mengajak massa dan masyarakat Indonesia untuk mendoakan Palestina agar segera lepas dari penderitaan panjang dari penjajahan Israel.

Retno Marsudi, yang berbicara sebelum Muhadjir, menyatakan "atas nama pemerintah Indonesa, saya menegaskan kembali dukungan bangsa Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina. Solidaritas kita kepada kemanusiaan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title