Pentingnya RI Diplomasi ke AS untuk Hentikan Serangan Israel ke Palestina

Aksi 115 Bela Palestina
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –  Konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel kian memanas. Semakin lama semakin banyak korban yang berjatuhan akibat serangan bertubi-tubi yang terus dilancarkan. Tragedi ini pun menyita perhatian dunia. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Menyikapi hal itu, Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mendorong agar pemerintah Indonesia mau berdiplomasi dan merangkul Amerika Serikat (AS), guna menghentikan serangan Israel di Palestina.

Menurut JK, langkah diplomasi tidak akan berhasil apabila dilakukan sendiri-sendiri oleh masing-masing negara yang mendukung kemerdekaan Palestina.

MK Putuskan Sengketa Pilpres 2024 Besok, Jusuf Kalla Bilang Begini

"Kalau hanya sendiri-sendiri, kelihatannya Israel akan tetap kukuh untuk melakukan serangan begitu banyak," kata Jusuf Kalla di Aksi Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu, 5 November 2023, dikutip dari VIVA.

JK berpendapat bahwa berbagai upaya diplomasi yang dilakukan melalui perantara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), selama ini pun tidak pernah efektif. Hal itu antara lain karena Israel dipastikan tidak akan patuh kepada siapapun, kecuali kepada pemerintah AS.

Tembus Pasar AS hingga Jepang, Batik Aromaterapi asal Madura Raup Banyak Hasil

"Tidak bisa (lewat PBB), Israel tak pernah mau dengar suara orang, kecuali dengar suara Amerika," ujar JK.

Karenanya, Jusuf Kalla pun meminta kepada Presiden Joko Widodo, agar mau melakukan upaya diplomasi guna mempengaruhi negara-negara lain melalui pendekatan kemanusiaan.

Halaman Selanjutnya
img_title