Polisi Ungkap Penyalahgunaan BBM Subsidi di Sidoarjo, Pelaku Ditangkap

Polda Jatim amankan penyalahgunaan BBM Subsidi di Sidoarjo
Sumber :
  • viva.co.id

Sidoarjo, VIVA Jatim – Terduga pelaku penyelahgunaan BBM bersubsidi di SPBU 5461218 Jalan Simorame, Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur berhasil ditangkap Tipiter Polda Jatim. Mereka dilibatkan oleh Tim Supervisi Pertamina guna menangani kasus yang selama ini dinilai merugikan. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Kasus itu bermula saat tim gabungan melakukan pemantauan selama beberapa waktu, dan menemukan aktivitas mencurigakan dari kendaraan truk dengan Nopol S 8284 UX yang tengah melakukan pengisian BBM Biosolar di SPBU 5461218 Sidoarjo. 

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengatakan, atas laporan hasil temuan tersebut, tim Reskrim Polda Jatim langsung melakukan penangkapan. Termasuk mengamankan mobil truk yang digunakan untuk penyalahgunaan BBM Subsidi

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

"Atas laporan hasil temuan tersebut, tim Reskrim Polda Jatim bergerak dan melakukan penangkapan mobil truk dengan Nopol S 8284 UX atas dugaan tindakan penyalahgunaan BBM bersubsidi," kata Ahad, dikutip dari VIVA, Senin, 7 November 2023.

Di tempat kejadian perkara, petugas menemukan satu unit truk merk Mitsubishi Dyna yang telah dimodifikasi, dengan kapasitas tangki sebesar 4 ton beserta kunci kontak dan STNK. Ada pula selembar nota pembayaran, dan BBM subsidi jenis Biosolar kurang lebih sejumlah 2 ton atau sekitar 2.454 liter.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Berdasarkan keterangan dari tempat kejadian perkara, truk yang sudah dimodifikasi tersebut mengisi bbm jenis Biosolar dengan modus operandi menggunakan barcode dan pelat nopol yang berbeda-beda.

"Atas temuan tersebut, unit truk beserta sopir dan operator SPBU dibawa ke Polda Jatim, untuk proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut atas dugaan penyimpangan BBM subsidi," ujar Ahad.

Halaman Selanjutnya
img_title