Tekan Pengangguran, Disnaker Gresik Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Gandeng Rumah Vokasi

Disnaker Gresik Gelar Pelatihan Tenaga Kerja
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gresik menggandeng rumah vokasi menggelar pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Gresik, Selasa, 7 November 2023.

Pj Gubernur Jatim Harap Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Jadi Agenda Tahunan Nasional

Pelatihan tenaga kerja ini terdiri dari berbagai jenis pelatihan operator Scafolding, Barber, Bakery dan dan ahli K3 konstruksi yang diikuti 64 peserta. Dari puluhan peserta tersebut dibagi pada setiap kejuruannya sebanyak 16 orang.

Pelatihan tenaga kerja ini menjadi salah satu upaya Pemkab Gresik dalam menurunkan angka pengangguran. Data BPS mencatat, tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Gresik tahun 2022 berada pada angka 7.84 %, yaitu 56.501 orang.

Gerakan Pangan Murah Jelang Hari Raya, Cara Pemkab Gresik Tekan Harga Kebutuhan Pokok

Angka itu yang kini sedang diturunkan melalui pelatihan kerja. Dengan target tercipta lapangan kerja baru yang menjadi bagian dari 10 program Nawakarsa.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah yang hadir dalam pembukaan acara pelatihan tersebut, meminta agar peserta yang ikut pelatihan benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Politisi Bawean Minta Pemerintah Segera Bantu Korban Gempa

"Ini merupakan upaya Pemkab Gresik untuk menurunkan angka pengangguran. Disnaker berusaha memberikan skill kepada peserta yang memang membutuhkan lapangan pekerjaan, "ucapnya dihadapan peserta.

Menurut wabup, menyiapkan SDM yang kompeten menjadi suatu keharusan pemerintah daerah. Apalagi di Kabupaten Gresik ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan bisa tidak sebanding dengan kebutuhan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
img_title