Semula Ditarget 14 Ribu Sertifikasi Halal, Rektor UIN SATU Tulungagung: Saat Ini Masih 7 Ribu

Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof Abd Azis
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim-Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama yang bertugas melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan ketentuan memberikan target untuk sertifikasi halal

Simak Syarat dan Ketentuan Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren Kemenag RI

Salah satunya jaminan produk halal tersebut dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung). Semula  mentargetkan 14 ribu, akan tetapi hingga saat ini masih 7 ribu sertifikasi halal.

Hal itu dibenarkan oleh Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof Abd Azis mengungkapkan bahwa secara keseluruhan jumlah yang sudah tersertifikasi ada sebanyak 7 ribu. Jumlah tersebut terbilang tinggi bagi kampus yang baru bertrasformasi menjadi UIN yang sebelumnya IAIN.

Perusahaan Logistik di Surabaya Ini Kantongi Sertifikat Halal dari Kemenag, Wajibkah?

"Itu periode tahun ini kalau di Tulungagung ditarget oleh Kementerian itu minimal 14 ribu targetnya itu kan tinggi dari negara. Ya secara keseluruhan kita sudah 7000 lebih sudah di sertifikat halal," ujar Prof Abd Azis kepada VIVA Jatim usai mengikuti Jambore BUM Desa di Nangkula Park, Tulungagung, Minggu, 12 November 2023.

Guru Besar Bidang ilmu Teknologi Pembelajaran yang baru dikukuhkan Juni 2023 lalu ini mengatakan dalam memenuhi target tersebut, pihak kampus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan beberapa daerah. Mulai Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk. Termasuk, Madiun, Magetan, lalu Jombang dan Kediri.

Pengumuman SPAN PTKIN 2024 UIN Tulungagung Dapat Dilihat pada 2 April Jam 14.00 WIB

Terlebih, di Kediri melalui komunikasi derngan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM sudah memiliki daerah zona UMKM halal. Pihak kampus sudah sepakat dengan Kediri untuk mereplikasi supaya bisa diterapkan hal serupa di Tulungagung ada zona halal.

"Ya secepatnya kita akan karena barusan tadi ketemu dengan beliau insya Allah nanti akan kita realisasikan bersama," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title