Usai Pengundian Nomor Urut di KPU, Relawan Pendukung Amin Malah Bersihkan Sampah

Pendukung AMIN bersihkan sampah di KPU
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Pemandangan tak biasa terjadi setelah proses pengundian nomor urut paslon Capres-Cawapres Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, (KPU RI) pada Selasa 14 November 2023. 

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Dalam kesempatan itu, masing-masing paslon diperbolehkan membawa sejumlah pendukungnya memasuki lokasi acara. Uniknya, relawan pendukung Amin tak langsung membubarkan diri. Mereka memilih bertahan dan melakukan aksi bersih-bersih sampah yang ada di lokasi acara akibat adanya keramaian.

Hal itu terlihat dalam sebuah video yang diunggah di akun media sosial X Loyalis pendukung Anies, Geisz Chalifah. Dia mengklaim, relawan pendukung Anies-Cak Imin (Amin) adalah satu-satunya pendukung paslon capres-cawapres yang tak langsung bubar usai acara tersebut. Sedangkan pendukung paslon lainnya langsung membubarkan diri dan membiarkan sampah di lokasi acara. 

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

"Hanya Tim Pendukung Amin yg tak langsung bubar setelah acara selesai. Mereka bertahan untuk membersihkan sampah. Setelah semua tuntas baru mereka keluar dari tempat acara KPU," kata Geisz, dalam akun X miliknya, Rabu 15 November 2023.

Dalam video yang diunggah oleh Geisz, terlihat relawan Amin yang mengenakan pakaian berwarna putih membawa kantong sampah dan memunguti setiap sampah yang ada di lokasi acar. Mereka bekerja sama membersihkan lokasi acara agar tak banyak sampah berserakan. 

PPP Tak Lolos Parlemen, PDIP Jatim Respon Begini!

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, (KPU RI) menggelar pengundian nomor urut calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Selasa malam, 14 November 2023. Dalam prosesnya, Pengambilan nomor urut itu dilaksanakan dua kali. 

Pengambilan nomor urut pertama untuk antrean, lalu dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut untuk surat suara di Pilpres 2024. Dalam proses tersebut, pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1 di surat suara. Kemudian pasangan Ganjar-Mahfud yang mendapatkan giliran kedua untuk mengambil nomor urut, mendapatkan nomor 3 untuk nomor di surat suara Pilpres 2024. Sedangkan Prabowo Gibran mendapatkan nomor urut 3 untuk surat suara Pilpres 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title