Halau Pemberontak Negara, Pemerintah Instruksikan Semua PNS Siap Berperang

Personel militer
Sumber :
  • Viva

Myanmar, VIVA Jatim – Sekretaris Dewan Administratif Naypyitaw, Tin Maung Swe, mengaku sudah memerintahkan seluruh PNS dan mantan personel militer untuk membentuk unit khusus. Naypyitaw merupakan ibu kota Myanmar. 

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Pemerintah Junta Militer Myanmar itu memerintahkan PNS dan personel militer untuk siap perang memerangi pemberontak.

“Jika perlu, unit semacam ini diperlukan untuk keluar (bertugas) dalam menghadapi bencana alam serta ancaman keamanan,” tuturnya.

Soal Serangan Rudal dari Iran, Israel: akan Ditanggapi dengan Baik

Tin Maung Swe mengatakan pengerahan tersebut dilakukan sebagai persiapan dalam keadaan darurat militer. Meskipun situasi di ibu kota dalam keadaan tenang. 

Sementara Juru Bicara Junta Militer Zaw Min Tun mengatakan pasukan pemerintah menghadapi serangan hebat dari sejumlah besar tentara pemberontak bersenjata di Negara Bagian Shan di timur laut, Negara Bagian Kayah di timur, dan Negara Bagian Rakhine di barat.

Iran Tak Segan bakal Cecar Israel bila Berani Membalas Serangan

Serangan terkoordinasi dari kelompok etnis minoritas dan pemberontakan lainnya tengah menjadi tantangan terbesar bagi Junta Militer Myanmar sejak 2021, atau ketika merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

Kelompok-kelompok etnis dan pemberontak berhasil merebut beberapa kota dan lebih dari 100 pos militer di dekat perbatasan dengan China, dalam serangan terkoordinasi yang diluncurkan pada 27 Oktober 2023 di Negara Bagian Shan di timur laut.

Halaman Selanjutnya
img_title