Gubernur Khofifah Ajak Petani Wujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

Gubernur Khofifah Bersama Menteri Pertanian RI Panen dan Tanam Padi di Tuban
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok.Humas Pemprov Jatim

Tuban, VIVA JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam acara panen dan tanam padi bersama di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, pada Kamis 23 November 2023.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Ketika tiba di Tuban, Gubernur Khofifah, bersama dengan Menteri Pertanian dan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, pergi ke lokasi panen padi bersama di Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.

Usai panen padi, Gubernur Khofifah bersama Mentan dan Bupati Tuban berdialog  dengan petani sekitar mengkomunikasikan berbagai kebutuhan seperti alsintan dan pupuk untuk meningkatkan produktivitas mereka. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Usai itu, rombongan menuju Ds. Ngadirejo Kec. Widang Kab. Tuban untuk melakukan tanam padi bersama. 

Di kesempatan ini Gubernur Khofifah mengajak seluruh petani, penyuluh pertanian lapangan (PPL), dan pemerintah untuk bersama-sama membangun pertanian Jatim dan Indonesia lebih baik lagi. Hal ini bukan tanpa sebab lantaran Jawa Timur adalah provinsi dengan produksi padi dan beras tertinggi di Indonesia.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

"Dengan semangat mewujudkan kedaulatan pangan nasional, mari kita bangun bersama-sama pertanian di Jawa Timur dan Indonesia untuk menjadi lebih baik," kata Gubernur Khofifah. 

Ia menjelaskan saat ini Jawa Timur mampu menyuplai hampir 80 persen kebutuhan pangan ke 16 provinsi yang ada di Indonesia Timur. Dimana, secara year-on-year September 2022/2023 Jawa Timur surplus 9,23%. Dan selama 4 tahun  berturut-turut sejak 2020 sampai dengan 2023 Jatim juga merupakan produsen Padi tertinggi di antara seluruh provinsi di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title