Promosikan Wisata Kota Lama, PWI Gresik Gelar Seminar di Bandar Grissee

PWI Gresik Gelar Seminar di Bandar Grissee
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimSeminar Sejarah dengan tema Memaknai Sejarah dan Budaya untuk Masa Kini dan Masa Depan di Bandar Grissee, Sabtu 25 November 2023 malam digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik. Kegiatan ini, merupakan rangkaian kegiatan Giri Pancasuar Award (GPA) 2023.

PWI dan AJI Jalin Silaturahmi Lewat Buka Bersama Pemkab Tulungagung

Kegiatan tahunan ini juga sekaligus upaya mempromosikan wisata heritage atau wisata yang kaya kebudayaan dan sejarah di kawasan Gresik Kota Lama yang ikonik dimana Gresik juga dijuluki Kota Bandar.

Pembicara seminar kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Kabupaten Gresik, Ketua PWI Jatim dan juga Ketua Dewan Kebudayaan Gresik (DKG) berjalan gayeng mengupas sejarah Gresik.

Insiden Pengusiran Wartawan saat Rekapitulasi KPU Pamekasan, PWI Siapkan Langkah Hukum

Mengawali diskusi, Ketua DKG Irfan Akbar Prawiro menjelaskan, Kabupaten Gresik tidak lepas dari sejarah kemaritiman, yang merupakan jalur perdagangan rempah di era kolonial. Lantaran, Pelabuhan di Gresik menjadi sandarnya kapal-kapal kala itu. 

“Dengan Syahbandar Gresik, Nyai Ageng Pinatih, ibu angkat Sunan Giri sekaligus nenek moyang pelaut. Dari perdagangan dan perjalanan Isma itulah terbentuklah Gresik dan Bandar Grissee ini,” ungkapnya. 

Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur Ucapkan HPN 2024: Jaga Keutuhan Bangsa

Di Bandar Grissee sendiri lanjut Irfan, terdapat beberapa kawasan multi etnis. Hal tersebut tentu juga bagian dari kekayaan sejarah dan budaya di Gresik. 

“Ada kampung Arab, Pecinan, Kolonial, dan Pribumi,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title