Cak Imin Yakin PKB Penentu Pasangan AMIN di Jawa Timur

Cak Imin menemui ribuan perempuan Jaringan Perempuan Nahdliyyin Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Abdul Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin optimistis bakal memenangkan Pilpres 2024

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

Alasannya, berkaca pada pemilu sebelumnya, calon presiden yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) selalu menang. Yakni, Pilpres 2004 dan 2009 yang memenangkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta 2014 dan 2019 Jokowi. 

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam agenda kampanye perdana bersama Jaringan Perempuan Nahdliyyin (JPN) di Gedung Sarana Olahraga Krapyak, Desa Wringinrejo, Kecamatan Sooko, Mojokerto pada Selasa, 28 November 2023. 

2 Bupati Sidoarjo dari PKB Terjerat Korupsi, Cak Imin: Jangan Lagi Jatuh ke Lubang Sama

"10 tahun PKB dan saya bersama pemerintah pak SBY. Masih ingat pak SBY? PKB dua kali pemilu mendukung Pak SBY Alhamdulillah menang terus. Pertama dengan pak Jusuf Kalla, kedua dengan Boediono. Dua kali mengusung pak Jokowi, Alhamdulillh menang dua kali," kata Cak Imin, Selasa, 28 November 2023.

Ketua Umum PKB itu mendaku bahwa partainya menjadi penentu kemenangan pada Pemilu Presiden tahun 2024. "Makannya biasanya PKB yang menentukan menang Pemilu di setiap pemilihan umum. Ini sudah terkenal. Saking terkenalnya, jadi rebutan. Ada yang pengen jadikan kita pendukung, ada yang pengen jadikan kita sebagai partner," ungkapnya.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Namun, ia menyebutkan bahwa pada Pilpres 2009 hingga 2019 belum pernah satu kalipun kader PKB yang menjadi kandidat Capres maupun Cawapres. Terakhir kali adalah sosok KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sehingga, Muktamar PKB di Bali tahun 2019 silam mengamanahkan kepada Cak Imin untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024. 

Seiring berjalannya waktu, Cak Imin resmi menjadi cawapres dari capres Anies Baswaden. Mereka diusung oleh partai koalisi perubahan. Koalisi perubahan terdiri dari  NasDem, PKS, dan PKB. "Alhamdulillah Allah mentakdirkan saya bergandengan dengan Mas Anies. Due santri untuk indonesia yang lebih maslahah dan berkah," ujar Cak Imin.