Bupati Mas Ipin dan Istri Tebar Benih Ikan 275 ribu Jaga Kelestarian Alam

Bupati Trenggalek M Nur Arifin dan istrinya, Novita Hardini.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Memasuki musim penghujan, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin bersama sang istri, Novita Hardini, melakukan penebaran benih ikan sebanyak 275 ribu. Cara ini untuk menjaga kelestarian alam dan keberadaan ikan di perairan darat lebih bervariasi.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Bertempat di Kedung Robot, Desa Bogoran Kecamatan Kampak menebar benih ikan jenis Tawes. Lalu, melakukan restocking ikan dengan harapan bisa berkembang biak dan memberikan dampak ekologi dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Kali ini kita restocking ikan. Ibu kepala Dinas Perikanan memberi tajuknya menebar kebaikan (tebar kembali benih ikan). Selain menjaga kelestarian alam, juga program stunting terbantu," ujar Mochamad Nur Arifin, Kamis, 30 November 2023.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Memilih jenis Ikan Tawes sendiri sebab Tawes bukan jenis ikan predator. Sehingga harapan ke depan mampu menambah keberagaman ikan di sungai yang tengah dikembangkan oleh masyarakat sebagai destinasi wisata ini. Tawes merupakan ilan yang hidup perairan darat, sambungnya menambahkan.

"Kebetulan di sini juga spot nongkrongnya teman-teman. Kemudian nanti paling mancing," imbuhnya. 

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Mas Ipin, sapaan akrab bupati muda ini menambahkan juga memberikan bantuan kepada nelayan, kelompok warga miskin ekstrem berupa budidaya ikan. Ada yang usaha lele, pengasapan, serta langsung berupa permakanan.

Pun melalui pengiriman kepada warga yang memiliki putra putri yang memiliki prevalensi stunting. Baik Balita ataupun Batuta, tadi mendapatkan paket berupa permakanan di program Gemar ikan. 

Halaman Selanjutnya
img_title