Sampai Kapan Bumi akan Bertahan?

Ilustrasi Bumi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Sekarang, Matahari memiliki peran penting sebagai sumber gravitasi dan energi. Namun, pada suatu saat nanti, Matahari akan menjadi penyebab kehancuran bagi Bumi. Benarkah?

Mengenal Al-Jazari, Ilmuwan Muslim yang Dijuluki Bapak Robotika

Jadi, berapa lama waktu yang dimiliki Bumi sebelum ditelan oleh Matahari? Perkiraan waktu kematiannya adalah beberapa miliar tahun dari sekarang. Tapi, kehidupan di Bumi akan berakhir jauh lebih cepat dari itu.

Menurut laporan dari Live Science pada Senin, 4 Desember 2023, para ilmuwan menyatakan bahwa dalam waktu sekitar 1,3 miliar tahun ke depan, Bumi akan menjadi tidak bisa dihuni oleh sebagian besar organisme karena evolusi alami Matahari.

Hari Ozon Sedunia, Tiga Sekolah Adiwiyata di Gresik Tolak Kemasan Plastik

Dan manusia dapat dengan mudah mendorong diri kita sendiri (dan spesies lain yang tak terhitung jumlahnya) menuju kepunahan dalam beberapa abad ke depan, jika laju perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia saat ini tidak dimitigasi.

Kematian Matahari

Fakta Ilmuwan: Satu Hari di Bumi Bisa Berlangsung hingga 60 Jam

Akhir dari kehidupan planet kita terkait dengan evolusi matahari. "Bumi mungkin memiliki waktu 4,5 miliar tahun sebelum matahari menjadi raksasa merah besar dan kemudian menelan Bumi," kata Ravi Kopparapu, seorang ilmuwan planet di Goddard Space Flight Center NASA, kepada Live Science. Raksasa merah terbentuk pada tahap akhir evolusi bintang, ketika bintang kehabisan hidrogen untuk bahan bakar fusi nuklirnya dan mulai mati, menurut Badan Antariksa Eropa.

Setelah fusi berhenti, gravitasi akan mengambil alih. Inti helium akan mulai memampat karena gravitasi, yang akan meningkatkan suhu. Lonjakan panas tersebut akan menyebabkan lapisan plasma luar Matahari mengembang secara dramatis. "Matahari akan membengkak setidaknya seukuran orbit Bumi," kata Kopparapu.

Halaman Selanjutnya
img_title