Akan Ada Fenomena Astronomi Summer Solstice Hari Ini, Apa Itu?

Ilustrasi Summer Solstice
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimFenomena astronomi Summer Solstice akan terjadi hari ini. Summer Solstice adalah titik balik musim panas bagi masyarakat di belahan bumi utara. Kemudian Winter Solstice adalah titik balik dingin bagi penduduk di belahan bumi selatan.

Sampai Kapan Bumi akan Bertahan?

Melansir dari Viva Digital, Rabu, 21 Juni 2023, titik balik matahari musim panas terjadi tepat pada saat Sang Surya mencapai titik tertingginya di langit. Yakni saat belahan bumi utara paling miring ke arah matahari.

Pada dasarnya, ini menandai titik ketika sinar Matahari langsung mengenai bagian Bumi. Summer Solstice terjadi di belahan bumi utara ketika Bumi bergerak ke posisi sedemikian rupa sehingga Kutub Utara menunjuk ke arah Matahari, membuat Matahari tinggi di langit.

Hari Ozon Sedunia, Tiga Sekolah Adiwiyata di Gresik Tolak Kemasan Plastik

Pada saat yang sama, Kutub Selatan Bumi mengarah menjauh dari Matahari, sehingga belahan bumi selatan mengalami titik balik Matahari musim dingin pada hari yang sama. Sumbu Bumi memiliki kemiringan sekitar 24 derajat yang relatif terhadap orbitnya mengelilingi Matahari.

Nah, hari ini, belahan Bumi utara dimiringkan pada titik terdekatnya ke Matahari dan belahan Bumi selatan dimiringkan paling jauh dari Matahari, itulah sebabnya belahan bumi utara dan selatan memiliki musim yang berlawanan satu sama lain.

Fakta Ilmuwan: Satu Hari di Bumi Bisa Berlangsung hingga 60 Jam

Karena terkait dengan kemiringan dan bukan jarak orbit, Bumi sebenarnya paling dekat dengan Matahari (perihelion) pada bulan Januari dan terjauh darinya (aphelion) pada bulan Juli.

Titik balik matahari musim panas belum tentu merupakan hari terpanas dalam setahun. Biasanya hari terpanas dalam setahun adalah pada bulan Juli atau Agustus. Ini karena lautan dan daratan melepaskan panas yang diserap dari hari-hari yang lebih panjang kembali ke atmosfer.

Halaman Selanjutnya
img_title