Siap-siap Ubah Arah Kiblat, Ada Fenomena Astronomi Bulan Juli Ini

Ilustrasi Bulan Syaban
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah fenomena astronomi bakal terjadi pada bulan Juli 2023 ini. Satu di antaranya adalah Supermoon, atau dengan kata lain Buck Moon, tepatnya pada 3 Juli 2023. Dimana bulan terlihat lebih besar dan terang di langit malam.

Akan Ada Fenomena Astronomi Summer Solstice Hari Ini, Apa Itu?

Buck Moon tahun ini menjadi lebih mendebarkan karena memulai musim dengan empat Supermoon berturut-turut. Supermoon dapat menyebabkan 30 persen kecerahan Bulan dan peningkatan 14 persen pada cakram Bulan seperti yang terlihat dari Bumi.

Akan tetapi, perbedaan itu biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang kecuali jika seseorang memperhatikan Bulan setiap malam, seperti dikutip dari VIVA, Selasa, 4 Juli 2023.

Penuh Historis, Fakta Menarik Bagian Kabah yang Perlu Diketahui

Supermoon adalah Bulan yang lebih dekat ke Bumi pada saat purnama. Pakar gerhana dan pensiunan astrofisikawan NASA, Fred Espanak, mengatakan jika Buck Moon menyebabkan Bulan hanya berjarak 224.895 mil (361.934 kilometer) dari Bumi dibandingkan dengan jarak rata-ratanya sekitar 238.000 mil (382.900 km).

Di bawah ini adalah daftar peristiwa astronomi di sepanjang Juli 2023:

Peralihan Kiblat dari Baitul Maqdis ke Kabah Terjadi di Bulan Syaban, Ini Hikmahnya

Aphelion

Bumi bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan elips. Artinya ada saat di mana Bumi berada pada titik terdekatnya dengan Matahari dan ada kalanya Bumi berada sangat jauh dari Matahari.

Halaman Selanjutnya
img_title