Penuh Historis, Fakta Menarik Bagian Kabah yang Perlu Diketahui

Pintu Kabah di Masjidil Haram
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Di tengah-tengah Masjidil Haram, tempat ibadah haji umat Islam di seluruh dunia, terdapat satu bangunan monumental penuh historis. Adalah Kabah, tempat yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam menunaikan ibadah salat, baik sunnah maupun wajib. 

Teguhkan Iman, Waspada Berbagai Fitnah Dajal di Akhir Zaman

Sesuai bentuknya, Kabah sendiri merupakan bangunan persegi empat yang dalam ajaran Islam disebut sebagai Baitullah. Dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah, Kabah menjadi tumpuan para jamaah saat berthawaf. 

Terlepas dari hal itu, terdapat sejumlah bagian-bagian di Kabah yang penuh historis namun tak banyak diketahui. Berikut ini fakta menarik tentang bagian-bagian Kabah yang penuh historis dan perlu Anda ketahui, dilansir dari laman VIVA pada Selasa, 28 Februari 2023. 

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

Pintu Kabah

Pintu Kabah terletak di sebelah timur laut. Ketinggian pintu Kabah dari atas lantai adalah 2 meter. Pintu ini terbuat dari emas 280 kilogram. Pintu ini juga sudah banyak mengalami perubahan baik dari segi bentuk maupun bahan baku pembuatannya. Untuk pintu saat ini merupakan hadiah dari Khalid bin Abdul Aziz, Raja Saudi.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Syadzarwan

Syadzarwan adalah bagian Kabah yang terbuat dari marmer. Bagian ini dibuat mengelilingi bagian bawah Kabah kecuali pada bagian bawah pintu Kabah dan area Multazam. Karena bahan pembuatnya yang kuat, Syadzarwan dapat menjadi pelindung Kabah dari anjir dan juga menjaga Kabah dari kerumunan banyak orang.

Halaman Selanjutnya
img_title