Bandara Dhoho Tak Lama Lagi Beroperasi, Tulungagung Tawarkan Agroindustri

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Hanya tinggal menunggu waktu, Bandara Internasional Dhoho Kediri akan segera beroperasi untuk melayani penerbangan. Salah satu kabupaten tetangganya, yaitu Tulungagung, memilih fokus pada agroindustri sebagai opsi yang menarik bagi para pengusaha dan investor dengan nilai tambah yang signifikan.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Tulungagung (RPJPD). Dia menyatakan bahwa ini adalah rancangan awal yang masih bersifat tentatif.

"RPJPN atau nasional pun belum ditetapkan, apalagi provinsi. Kalau keinginan masih bisa berubah, kita itu memang ingin lebih sejahtera berbasis agroindustri,"ujar Heru Suseno, Senin, 4 Desember 2023.

Pendiri Baba Rafi Berbagi Pengalaman Bisnis di Singapura

Ditanya usai Bandara Dhoho beroperasi sampai Jalan Tol Kediri-Tulungagung, ia tak menginginkan menjadi kota metropolitan dan kota industri. Melainkan lebih memilih sebagai agroindustri.

Perihal yang dipersiapkan untuk menjadi kota agroindustri ini terutama untuk penyiapan pangan. Heru berupaya bagaimana kebutuhan beras menjadi lebih baik, produktivitas akan lebih ditingkatkan, termasuk kita mencegah ada perubahan lahan.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Karena lahan itu sangat urgent, jangan sampai kemudian ada pembangunan tetapi lahan pertanian berubah dilanggar tidak sesuai rencana tata kelola wilayah," tegasnya.

Pria yang juga sebagai Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur ini mengatakan bahwa pemerintah jika ingin membangun dalam konteks komprehensif, maka tata ruang wilayah juga harus dipertimbangkan.

Halaman Selanjutnya
img_title