Tinjau Kalibrasi Bandara Dhoho Kediri, Menhub: Minggu Depan Tes Take Off-Landing

Suasana peninjauan Menhub, Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Istimewa

Kediri, VIVA JatimBandara Internasional Dhoho Kediri tinggal menghitung hari dalam siap melayani operasional penerbangan. Kali ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proses kalibrasi bandara dan minggu depan bakal ujicoba take off dan landing.

Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi di Bandara Juanda Surabaya, Kepadatan Penumpang Capai Puluhan Ribu

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa proses kalibrasi merupakan tahapan assessment yang dilakukan guna mengoptimalisasi peralatan bandara sebelum pengoperasionalan dan dibuka untuk umum.

"Alhamdulillah kita sudah melakukan kalibrasi Bandara Dhoho, hari kedua dan kita akan lakukan sampai beberapa hari ini. Mungkin minggu depan kita akan melakukan pra operasi yaitu melakukan tes take off-landing dengan beberapa pesawat," ungkap Budi Karya Sumadi kepada awak media, Jum'at, 8 Desember 2023.

ASN Bisa WFH 16-17 April 2024, Menhub RI: Perkuat Manajemen Arus Balik Lebaran

Proses kalibrasi bandara langsung dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Ia mengatakan assesment kalibrasi berkaitan dengan navigasi dan non-navigasi lainnya. 

Dikatakan Budi Karya Sumadi, kalibrasi sangat penting dalam pengoperasian Bandara Dhoho Kediri. Sehingga benar-benar aman dan sesuai digunakan sebagai bandara komersial maupun non-komersial.

Momen Lebaran, Mas Dhito Temani Kunjungan Menseskab RI Tinjau Bandara Dhoho Kediri

Dalam proses kalibrasi, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI memakai pesawat King Air 350. Durasi waktu yang dilakukan sudah berlangsung selama dua hari.

Sebagai informasi, Pesawat King Air 350 telah melakukan pendaftaran di Bandara Dhoho Kediri. Bahkan, sebelumnya video pendaratan pesawat telah ramai di jagad media sosial serta sempat disebut sebagai first landing.

Halaman Selanjutnya
img_title