Gerindra Resmi Rekomendasi Khofifah Maju Jadi Cagub di Pilgub Jatim 2024

Hashim menyerahkan rekomendasi Cagub Jatim dari Gerindra ke Khofifah
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Keinginan Khofifah Indar Parawansa untuk maju kembali sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 dipastikan mulus. Setelah mendapatkan tiket rekomendasi dari PAN, kini Partai Gerindra yang secara resmi merekomendasi Khofifah maju di Pilgub Jatim nanti. Sementara Demokrat dan Golkar baru kesepakatan secara lisan.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Surat rekomendasi dari Gerindra diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, kepada Khofifah di Surabaya pada Minggu, 10 Desember 2023. Di atas panggung, terlihat pula menyaksikan Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Hadir pula pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak; Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim; Ketua TKD Prabowo-Gibran, Boedi Prijo Soeprajitno; dan kader Gerindra Jatim serta relawan Prabowo-Gibran.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Hashim menyampaikan setidaknya tiga alasan kenapa Gerindra menjatuhkan rekomendasi cagub pada Pilgub Jatim 2024 kepada Khofifah. Pertama, rekomendasi itu berdasarkan suara dari akar rumput. Kedua, rekam jejak Khofifah selama memimpin Jatim yang dinilai berhasil. Ketiga, pada Pilpres 2024 Khofifah mendukung Prabowo-Gibran.

“Tidak ada masalah beliau [Khofifah] dukung Prabowo, kemudian Prabowo dukung beliau," kata Hashim. 

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Khofifah menyampaikan terima kasih atas rekomendasi dari Gerindra itu. Menurutnya, itu bagian penguatan dari tiket bagi dirinya untuk maju sebagai cagub di Pilgub Jatim mendatang. “Kemarin sudah PAN, lalu secara lisan Pak SBY menyampaikan insya Allah Partai Demokrat akan mendukung dan yang sekarang baru kami terima dari Partai Gerindra. Mohon doa dan dukungan saya akan maju," ungkapnya.

Khofifah juga mengungkapkan bahwa Golkar sudah mengkonfirmasi mendukung dirinya di Pilgub Jatim 2024 nanti. Namun, penyerahan surat rekomendasi menunggu waktu yang tepat. “Golkar sudah terkonfirmasi, tapi suratnya belum sampai,” ucapnya.