RS Muji Rahayu Angkat Bicara Soal Temuan Potongan Payudara di Surabaya

Humas RS Muji Rahayu, Renti Dwi Widianing.
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Rumah Sakit (RS) Muji Rahayu akhirnya buka suara tentang kasus ditemukannya potongan payudara yang sempat membikin geger warga Benowo, Surabaya, pada Kamis, 7 Desember 2023, lalu.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Humas RS Muji Rahayu, Renti Dwi Widianing menjelaskan, paska operasi pengangkatan salah satu bagian payudara pasien berinisial MLA, pihaknya sudah menyarankan agar organ tubuh itu dilakukan pemeriksaan lanjutan ke laboratorium untuk mengetahui tingkat keganasan kanker yang diderita pasien.

Namun tampaknya keluarga pasien keberatan sehingga dilakukan proses penyerahan organ hasil amputasi kepada keluarga pasien. Proses ini kata dia, mengikuti standar operational procedure (SOP) rumah sakit.

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

"Untuk pemberian organ ke pasien itu kan memang pada saat itu, kita edukasi untuk dilanjutkan pemeriksaan lanjutan. Itu namanya patologi anatomi. Karena pasien itu merasa ekonominya [tidak mampu] sehingga tidak dilanjutkan pemeriksaan, itu di serahkan kembali ke pihak pasien," ujar Renti Dwi Widianing selaku Humas Rumah Sakit Muji Rahayu, Senin 11 Desember 2023.

Saat proses penyerahan ini, Renti kembali menegaskan jika pihaknya telah mengedukasi kepada pasien mengenai bagaimana cara memperlakukan organ tubuh tersebut.

Spesialis Ungkap Tanda-tanda Kanker Darah pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

"Kita mengedukasi begini, memperlakukan jaringan ini tidak bisa dibuang sembarangan ya harus dikubur," lanjutnya.

Ia menyampaikan, organ tubuh hasil operasi merupakan hak pasien. Apabila diminta maka rumah sakit wajib menyerahkan asal sesuai dengan ketentuan. Dan waktu itu pihak RS Muji Rahayu mengira jika pasien akan memeriksakan potongan payudara ke tempat lain.

Halaman Selanjutnya
img_title