Heboh Ujian Sekolah Bergambar Anies Baswedan, Ini Penjelasan Bawaslu Lamongan

Soal ujian bergambar Capres Anies Baswedan
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim- Naskah ujian kelas XI di SMK Muhammadiyah Sekaran, Kabupaten Lamongan terpampang foto calon presiden (Capres) Anis Baswedan. Dalam naskah ujian mata pelajaran bahasa inggris yang terdapat foto Anies Baswedan tersebut terdapat pada poin B nomer 21- 23.

Pulang Jenguk Orang Sakit, Remaja di Lamongan Dibacok dan Dibegal

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Lamongan, Jawa Timur Hidayat Rachman  angkat bicara mengenai kejadian itu. Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak sekolah dan kepolisian. 

Selain itu, pihaknya juga telah mengintruksikan untuk menarik seluruh naskah ujian yang telah beredar. Hidayat juga meminta agar Kepala Sekolah lembaga pendidikan di tingkat SMA/ SMK tidak melakukan hal yang serupa. Sebab, sesuai aturan ASN harus netral termasuk lembaga pendidikan dibawah Cabang Dinas Lamongan.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

"Iya benar. Saya pikir semua harus tegak lurus dengan aturan itu, semoga kejadian ini menjadi pelajaran dan koreksi bagi lembaga pendidikan yang lain supaya hal ini tidak terjadi lagi," katanya, Selasa 12 Desember 2023.

Sementara itu Ketua Bawaslu Lamongan Tony Wijaya mengatakan, Bawaslu telah memeriksa dua orang yang yakni Kepsek dan TU. Hasil pemeriksaan itu menyebutkan jika soal itu memang dibuat oleh guru bahasa inggris berinisial MU.

Ditumpangi Satu Keluarga, Mobil Pikap Tabrak Warung Lalu Terbalik

"Hasil dari pleno Bawaslu sudah menyimpulkan jika tidak ditemukan dugaan pelanggaran Pemilu. Hasil kesimpulan dan analisa Bawaslu atas beredarnya foto Capres di naskah ujian itu disebutkan dalam keterangan resmi," kata Tony.