Sahabat Disabilitas Bakal Dapat Perhatian Khusus dari KPU Trenggalek Dalam Mencoblos

Divisi Teknis Penyelenggara Komisioner KPU Trenggalek, Istatiin Nafiah.
Sumber :
  • KPU Trenggalek

Trenggalek, VIVA JatimPesta demokrasi tinggal menghitung menghitung pekan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek berupaya menyiapkan mengoptimalkan tahapan Pemilu 2024 yang saat ini sedang berjalan. Salah satunya bakal memperhatikan peserta pemilu yang memiliki keterbatasan yakni sahabat disabilitas yang membutuhkan bantuan.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Divisi Teknis Penyelenggara Komisioner KPU Trenggalek, Istatiin Nafiah mengatakan bahwa Sahabat Disabilitas memiliki perlakuan yang berbeda. Diantara peraturan yang harus dipatuhi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah memberikan aksesibilitas bagi sahabat disabilitas agar mereka dapat dengan mudah menggunakan hak suara jika memungkinkan.

"Kalau memang menginginkan untuk dijemput ataupun memilih dilokasi juga bisa kita layani. Teman KPPS nanti bersama saksi sama pengawas itu (bisa) datang ke rumahnya yang bersangkutan," ujar Istatiin Nafiah, Rabu, 13 Desember 2023.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Perempuan yang kerap disapa Iin ini menerangkan ketentuan lebih lanjut nanti masih akan diatur di Peraturab KPU untuk pemilu bagi sahabat disabilitas. Dengan beberapa kriteria yang berbeda-beda, sebenarnya sudah ada by name by addres untuk masing-masing setiap TPS.

"Memang kita itu TPS aksesnya memudahkan dan bisa diakses baik dari pemilih sahabat disabilitas," ulasnya.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Perihal kendala bagi sahabat disabilitas, ibu tiga anak ini menjelaskan bahwa pihaknya memberikan edukasi dan sosialisasi, termasuk saat memberikan pemberitahuan C6 atau undangan mencoblos kelak. Mensosialisasikan bahwa ini datang pada jam sekian dari sekian.

Akan tetapi kalau dari pihak keuarga tidak bisa, juga bisa menggunakan pendamping keluarga sendiri atau jika keluarga tidak bisa, bisa meminta bantuan menggunakan pendamping di TPS.

Halaman Selanjutnya
img_title