Nataru 2023, Pelindo Regional 3 Siapkan 21 Terminal Antisipasi Lonjakan Penumpang

Suasana arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Sumber :
  • Foto: Pelindo III

Surabaya, VIVA Jatim - Jumlah penumpang laut di wilayah Pelindo Regional 3 pada arus mudik Nataru 2023 diprediksi akan naik 23% dibanding tahun lalu. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 pun menyiapkan 21 terminal penumpang untuk mengantisipasi lonjakan pemudik khususnya via jalur laut. 

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, DLU Inspeksi Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan capaian arus penumpang pada Nataru 2022 sekitar 322 ribu penumpang dan kali ini diprediksi melonjak 23% menjadi sekitar 396 ribu penumpang.

Pelindo Regional 3 juga telah melakukan sejumlah persiapan, seperti penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan, hingga kesehatan bagi calon pemudik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Libur Lebaran, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada Penyakit DBD dan HFMD

"Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap di antaranya ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik," kata Ardhy, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Jatim, Kamis, 14 Desember 2023.

Pelindo Regional 3 juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti OP, Syahbandar dan penyedia pelayaran agar arus mudik Nataru 2023 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Mas Dhito Ajak Pemudik Patuhi Lalu Lintas dan Jaga Kesehatan

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini," tutur Ardhy.

Sebelumnya arus mudik Nataru baik via darat, udara maupun laut diprediksi akan mengalami kenaikan jumlah penumpang pasca dilonggarkannya aturan bepergian oleh pemerintah. 

Halaman Selanjutnya
img_title