Menkes Budi Siapkan 4 Strategi Hadapi Potensi Munculnya Pandemi 

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Baru-baru ini dunia kesehatan tanah air kembali diguncang oleh munculnya Covid-19, khususnya di DKI Jakarta. Meski begitu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin telah menyiapkan strategi guna menghadapi berbagai Pandemi, salah satunya Covid-19. 

Mengenal Osteoarthritis dan Metode UKR untuk Menanganinya

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 16 Desember 2023, Menkes Budi menyebut bahwa Pandemi melawan virus sama halnya dengan perang. Adapun perang yang dihadapi manusia sejauh ini ada tiga jenis.

"Pertama perang dengan alam. Kedua, perang sesama manusia. Dan ketiga perang menghadapi patogen atau pandemi," kata Budi dikutip dari VIVA, Sabtu, 16 Desember 2023.

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Dari semua perang yang dihadapi manusia, perang melawan patogen mencatatkan kematian yang paling banyak di dunia. Budi mencontohkan pandemi Black Death atau Maut Hitam yang melanda Eropa, Asia, dan Afrika Utara antara 1347-1353 dan diperkirakan merenggut nyawa 200 juta jiwa.

Untuk menyiapkan perang melawan pandemi, eks Wakil Menteri BUMN ini mengatakan strategi pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten.

Siap-siap Hadapi Pandemi Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19, Apa Itu?

"Kita perlu siapkan orangnya. Tenaga cadangan kesehatan, sama seperti militer. Kita bikin juga cadangan kesehatan secara digital. Jadi kita catat secara digital orang-orang kita yang punya pengalaman menghadapi bencana tuh gimana dan siapa. Dan itu bisa dipanggil at any time," katanya menjelaskan.

Strategi kedua adalah mempersiapkan senjata terbaik melawan pandemi seperti dengan melengkapi alat-alat kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title