Alasan MUI Haramkan Sikap Golput di Pemilu 2024

Ilustrasi Surat Suara
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, Indonesia tidak lama lagi akan mengelar satu peristiwa penting dalan pergantian kekuasaan di 2024 mendatang. Ya, melalui Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024, rakyat Indonesia akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan nasib bangsa ke depan. 

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Namun demikian, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang justru bersikap golongan putih (golput). Sebuah sikap yang tidak menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin. Itulah sebabnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas mengeluarkan fatwa bahwa golput itu haram.

Dilansir dari VIVA, Senin, 18 Desember 2023, Golput adalah istilah politik ketika seorang peserta dalam proses pemungutan suara tidak memberikan suara atau tidak memilih satupun calon pemimpin, atau bisa juga peserta yang datang ke bilik suara tetapi tidak ikut memberikan suara hingga prosesi pemungutan suara berakhir.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

"Dalam fatwa yang dikeluarkan pada Ijtima Ulama II se-Indonesia pada 2009 menegaskan memilih pemimpin dalam Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah (kepemimpinan) dan imarah (pemerintahan) dalam kehidupan bersama," kata Ketua MUI Cholil Nafis.

Hal ini disampaikan Cholil Nafis merespon pernyataan MUI Sumatra Utara yang berkata golput di Pemilu 2024 hukumnya haram. Itu tertuang dalam 10 Taujihat dari Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Zona I 2023 yang digelar MUI Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

KPU Mojokerto Tetapkan 50 Caleg Terpilih DPRD, PKB Jadi Pemenang

Cholil menjelaskan, masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya disebut tidak bertanggung jawab terhadap jalannya bangsa ini. Oleh karena itu, dia secara tegas mengajak masyarakat untuk tidak golput.

Terutama, masyarakat diminta untuk memilih satu dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang maju pada Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title